Friday, July 26, 2019

Workshop at Kompas Institute.


Selama saya mengikuti training/workshop didalam dunia per-kantor-an, belum pernah saya merasakan hal yang menyenangkan dan sangat bahagia setelahnya, seperti saat saya mengikuti workshop yang satu ini. 😊

Jadi, pada tanggal 24 - 25 Juli 2019, saya mengikuti workshop "Strategi Membangun Narasi Sebuah Brand" yang diadakan Kompas Institute, di Gedung Kompas Gramedia Unit 2. Hari ke 1, kedua pembicara berasal dari Hakuhodo Network Indonesia, yaitu Mba Devi Attamimi dan Mba Vera Shiska. Kedua wanita smart ini membawakan presentasi dengan gaya mereka masing-masing. 


Semua peserta diajarkan mengenai bagaimana membuat perencanaan sebuah konten, menerjemahkan sebuah brand ke dalam bentuk narasi, memahami storytelling dari sebuah brand dan juga studi kasus didalam sebuah kelompok. Wah menarik sekali bagi saya yang memang suka menulis dan juga tertarik dengan hal-hal yang berbau media, konten dan digital

Alasan saya 'dikirim' oleh kantor saya untuk mengikuti workshop tersebut, dikarenakan dalam waktu dekat ini kantor saya berencana akan membuat sebuah aplikasi online. Nah, sebagai Corporate Communication, maka saya bertugas untuk membuat konten dan strategi promosi untuk aplikasi yang dimaksud. Sesuai sekali bukan dengan workshop ini? 



Dihari kedua workshop, pembicara merupakan orang-orang dari Harian Kompas nya langsung, yaitu Mas Didit Putra Erlangga (Social Media Manager) dan Mba Cecilia Gandes (Assistant Social Media Manager). Dan lagi-lagi saya dibuat terpukau dengan cara mereka mengajar dan juga opini-opini yang mereka berikan.

Hal yang paling seru adalah, saat hari kedua workshop sudah selesai, seluruh peserta diajak tur ke bagian redaktur di Menara Kompas. Kesempatan ini tidak mau saya sia-siakan. 





Menara Kompas merupakan gedung yang sangat keren, haha! Dari dulu setiap kali naik kereta dari stasiun Palmerah, saya selalu berangan-angan kapan ya saya bisa masuk ke dalam Menara Kompas. And then, my dream came true 💜

Kami dipandu oleh Wakil Redaktur Pelaksana harian Kompas yaitu Bapak Tri Agung Kristanto. Beliau membawa kami ke dalam ruangan redaktur dan juga Kompas TV. Dan tidak lupa diajak ke rooftop juga, hehe. Kata beliau "Saat ASEAN Games kemarin, wartawan kami mengambil gambar dari lantai 24, dan langsung ditujukan ke stadion GBK, tuh terlihat langsung kan stadionnya?.."  Kok ya seru banget sih? 😂

Jujur, saya senang sekali mempunyai kesempatan bisa mampir ke kantor redaksi harian Kompas. Karena tidak sembarang orang loh bisa berjalan leluasa didalam kantor sebuah media. 

Pengalaman ini merupakan suatu hal yang sangat menarik. Karena tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai bagaimana menyusun strategi untuk sebuan brand, tapi juga dapat melihat langsung suasana kantor harian Kompas dan berkenalan dengan beberapa karyawannya.

Terima kasih banyak harian Kompas, Kompas Institute dan semua pengajar yang sudah membekali kami ilmu. It was an honor for me 💗💗💗

Jika kalian ingin mengikuti salah satu kelas dari Kompas Institute, bisa cek ke website ini ya  https://institute.kompas.id/


Love,
Girl With An Attitude









No comments: