Wednesday, October 21, 2020

Book Talk : An Open Heart - His Holiness The Dalai Lama


Hello!

Pada book talk kali ini saya ingin membahas mengenai buku yang baru saja selesai saya baca setelah kurang lebih satu bulan. Memang sejak sesekali work from home, semakin banyak alasan bagi saya untuk lebih sering membaca. Meskipun membaca memang merupakan salah satu hobi sedari kecil, yah.

Buku An Open Heart by His Holiness The Dalai Lama ini terbit tahun 2001 yang isinya berdasarkan beberapa rangkaian speech dari beliau saat menghadiri undangan dari The Gere Foundation di Beacon Theater, New York didepan 200.000 pengunjung. Yang akhirnya diedit dengan bagus sekali oleh Nicholas Vreeland dan dijadikan buku An Open Heart ini.

Saat saya membaca beberapa lembar halaman, saya sudah yakin bahwa pasti akan menyukai buku ini. Setiap wisdom dan kalimat-kalimat yang ditulis, terasa sekali mengalir dari hati yang paling dalam oleh The Dalai Lama. Seakan-akan beliau sedang berbicara nyata didepan saya.

Banyak sekali yang dijelaskan dalam buku ini, seperti compassion, mindfull thinking, meditation, dan bagaimana kita harus menggunakan hati kita dengan sungguh-sungguh. It's like we have to transform to be a better person in this life!

Selain itu cara The Dalai Lama menyampaikan konsep "kita" dan "mereka", tidak lagi relevan. Karena beliau menanggap bahwa kita semua adalah sama. Kita adalah satu. Kita semua hidup di dalam dunia ini dengan menghirup udara yang sama. 

Saat membaca buku ini, membuat jiwa dan pikiran saya menjadi tenang. Dan jujur saja, saya pun memang senang sekali melakukan meditasi, meskipun hanya 5 menit. Sehingga seperti mempunyai koneksi terhadap buku ini.

Jadi bagi kalian yang memang senang dengan buku mengenai mindfulness, meditasi, motivasi dan sejenisnya, kalian bisa coba membaca buku ini. Dijamin pasti kalian suka 💗

"Transforming pride into humility and anger into love"

-The Dalai Lama- 


Thank you for reading!

Girl With An Attitude



2 comments:

Peri Kecil Lia 🧚🏻‍♀️ said...

Hi Kak Ovi, salam kenal :D

Aku suka sekali dengan konsep "kita" dan "mereka" adalah satu, yang diucapkan oleh The Dalai Lama. Rasanya, kita jadi diajak untuk lebih mengasihi sesama kita lewat buku ini ya >.<
Pemikiran The Dalai Lama memang sejak lama selalu disenangi oleh banyak orang ya, Kak.

Terima kasih atas sharingnya, Kak Ovi :) Bukunya cukup menarik perhatianku untuk membaca buku ini >.<

ovi siregar said...

@Lia : Hi Lia! Iya, buku ini memang menarik banget untuk dibaca. Setau aku ada banyak buku mengenai The Dalai Lama, dan aku kayanya akan mencari beberapa lagi deh untuk dibaca hihihi.

Semoga kamu bisa berhasil membaca buku ini yah :)