Thursday, June 21, 2018

Yayoi Kusama Exhibition, Jakarta

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, friends!

Wah, ternyata sudah cukup lama juga ya saya tidak menulis blog, hehe. Btw, gimana dengan liburan lebaran kalian? Kalau saya sendiri, liburannya cukup menyenangkan. Salah satu nya adalah, saya dan suami menyempatkan diri datang ke Museum Macan untuk melihat Yayoi Kusama Exhibition yang ternyata sangat sayang untuk dilewatkan! Pamerannya dinamakan "Life Is The Heart Of A Rainbow".

Siapakah sebenarnya Yayoi Kusama? Beliau adalah seniman wanita dari Jepang, yang terkenal dibidang pematungan dan instalasi. Salah satu karya nya adalah, beberapa design polka dot atau "The Giant Pumpkin" yang berada di Gandaria City (kalian pernah lihat kan?)


Pameran ini berlangsung dari bulan Juni s/d September 2018, dan saran saya sebaiknya kalian membeli tiketnya melalui website Museum Macan saja (harga tiket Rp. 100.000,-). Ini merupakan pameran yang sangat ditunggu-tunggu, karena ada banyak sekali instalasi yang bagus dan menarik untuk menjadi objek foto. 



Dots Obsession (1963)





Narcissus Garden (1966-present)



All The Eternal Love I Have For The Pumpkins /
 Pumpkin Room (1991)




Love Forever (1958)




Infinity Mirrored Room (1961)


The Obliteration Room (2002)




Favorit saya adalah saat berada di The Obliteration Room, yang dimana semua pengunjung diberikan beberapa sticker berbentuk bulat, kemudian kita bebas menempelkannya dimana saja. Yaitu menempelkan pada ruangan yang semuanya serba putih. Dan pada akhirnya setelah beberapa minggu, ruangan putih tersebut menjadi berwarna-warni karena sudah penuh dengan tempelan stickers. Ide yang sangat cemerlang! 

Oh ya, selain itu cafe dan juga toilet nya menurut saya maksimal sekali loh. Jika kita duduk di cafe tersebut, kita bisa menikmati bola-bola besar yang digantung pada langit-langit museum. Terlihat cantik sekali. Dan kalian bisa lihat sendiri, saat saya berada didalam toilet pun tetap selfie, haha. Ya habis, masih ada aksen polka dot nya sih pada cermin tersebut ❤



Menurut saya penting sekali loh kita datang ke museum dan menikmati karya seni seperti ini. Dan alangkah baiknya juga jika kita bisa mengajak anak-anak atau keponakan untuk sekedar mengetahui karya seni yang memang sepantasnya kita hargai. Daripada jalan-jalan ke mall, yang ada bosan kan ya, hehehe. 



Jika kalian ingin tau mengenai Museum Macan ini, bisa cek keterangan dibawah berikut ya :

Museum MACAN
AKR Tower Level MM
Jalan Perjuangan No. 5
Kebon Jeruk, Jakarta

















No comments: