Monday, May 4, 2020

"Destinasi Wisata Yang Menarik Untuk Dikunjungi Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir"

Hi all!


Tidak terasa ya sudah dua bulan kita semua berada di rumah karena situasi yang sedang tidak kondusif sekarang ini. Tapi tenang, semoga tidak lama lagi semua ini akan selesai ya. Akan kembali seperti sedia kala, bahkan lebih baik. Rencana-rencana kalian yang selama ini tertunda, bisa  segera terlaksana kembali, deh!

Nah, bicara soal rencana, pasti kalian ada dong impian untuk pergi jalan-jalan atau traveling bersama keluarga atau teman-teman? Memang tidak bisa dipungkiri, kita sebagai manusia sangat butuh liburan. Menikmati perjalanan, suasana atau situasi tempat yang baru, mencoba berbagai macam kuliner, dan lain-lain.

Atau mungkin bagi kalian yang masih bingung ingin liburan ke mana, nah saya ada sedikit ide nih untuk di sharing ke kalian. Bagaimana kalau kalian mencoba untuk jalan-jalan ke Vietnam? Haha, iya negara dengan ibukota Hanoi ini cukup asik untuk di explore loh!



Jadi sekitar tahun 2012 saya bersama empat orang teman saya sempat jalan-jalan ke Vietman selama 4 hari dan 3 malam. Selama disana, saya sangat menikmati semua yang kita alami.

Kenapa menurut saya Vietnam merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi setelah pandemi Covid-19 ini berakhir? Karena, Vietnam masih berada di negara Asia, ya bisa dibilang masih cukup terjangkau untuk membeli tiket pesawat, menginap di hotel dan membeli beberapa oleh-oleh. Selain itu perjalanan naik pesawat ke Vietman hanya memakan waktu 4 jam saja! 

Beberapa tempat yang wajib dikunjungi dan dicoba selama di Vietnam adalah :

1. Mencicipi Pho Vietnamese 


Harga makanan di Vietnam memang termasuk cukup terjangkau. Contohnya semangkok besar Pho asli Vietnam ini hanya seharga kurang lebih Rp. 20.000,- an. Porsi nya cukup besar dan rasanya gurih sekali. Namun bagi yang Muslim, harus dipastikan bahwa Pho tersebut tidak mengandung babi ya. Kalau yang saya makan waktu itu juga tidak mengandung babi kok, namun lebih ke kaldu ayam, jamur dan sayuran. Makanan Pho ini dapat ditemukan dimana-mana, alias sama saja seperti di Indonesia yang dengan mudahnya dapat menemukan warteg dimana-mana. ☺


2. The Cao Dai Temple



The Leaders

Cao Dai Temple sendiri sudah berdiri sejak tahun 1947, dan para umatnya yang disebut The Followers, selalu mengikuti para pendeta nya yang disebut The Leaders. Mereka masih menganut kepercayaan Buddha atau Saint atau Sage, dan selalu menyembah patung bundar yang ditengahnya terdapat gambar mata, yang disebut Divine Eye.

Saat kami datang kesana, banyak sekali umatnya yang sedang beribadah dengan tenang dan khusuk. Para turis diizinkan untuk memotret semua isi Temple tersebut. Namun dengan syarat, tidak boleh memotret manusia saat didalam Temple tersebut. Mungkin maksudnya untuk menghargai para umat yang sedang beribadah ya.  

Perjalanan dari Ho Chi Minh (tempat kami tinggal) menuju The Cao Dai Temple memakan waktu sekitar 2,5 jam. 

3. A War History Tour



Tempat dimana kita dapat mengetahui sejarah tentara Vietkong yang dulu sangat cerdas dalam membuat ranjau, membuat tempat persembunyian dan kita-kiat mereka dalam melawan tentara Amerika. Saat sampai disana, hal yang pertama kali saya ingat adalah film lawas Tour Of Duty.

Terdapat hutan yang penuh dengan pohon bambu dan suasana yang sangat mencekam. Tour guide kami pada saat itu cukup handal dalam menerangkan sejarah mengenai tempat tersebut. 

Dan yang paling seru, kami semua sempat merasakan masuk ke dalam terowongan tempat dulu  Vietkong bersembunyi. Terowongan yang sangat sempit itu dibuat cukup panjang. 

Jadi kira-kira hampir sekitar 10 menit kita berjalan didalam terowongan tersebut, sambil berjongkok, dengan keadaan gelap, ada ulat, dan sangat pengap tidak ada udara. Namun itu merupakan hal yang sangat unik dan tidak dapat dilupakan. ❤

                                                                         4. Menginap di rumah penduduk



Saat berada di Vietnam kalian dapat mengambil paket tour yang salah satu itinerary-nya adalah menginap dirumah penduduk asli Vietnam, seperti yang kami lakukan dulu. 

Rumah penduduk yang kami dapat cukup unik, karena untuk menuju ke sana harus menggunakan perahu mesin selama kurang lebih 7 menit dari tempat pemberhentian bus yang menurunkan kami. Dan saat berada dirumah penduduk tersebut, kamar yang kami dapat bentuknya seperti pondok, lengkap dengan tempat tidur besar yang masih terdapat kelambu nya, hehe. 

Keesokan pagi nya kami dibangunkan sangat pagi dan diajak berjalan melelwati sawah. Ternyata tujuannya adalah untuk melihat matahari terbit. Wah, sangat indah! Saya terharu sekali saat merasakan hal itu. 

5. Berkunjung ke Notre-Dame Cathedral Basilica of Saigon



Gereja yang awal mulanya bernama Church of Saigon ini dibangun antara tahun 1863-1880, dan pada tahun 1959 gereja ini berganti nama menjadi Notre-Dame Cathedral. Bentuknya sungguh indah sekali, dan konon katanya hampir sama dengan gereja Notre-Dame yang berada di Perancis. Gereja ini mempunyai dua menara lonceng besar yang masing-masing memiliki tinggi 58 meter. 

Namun saat kami ke sana, sedang dilakukan pembersihan gereja, sehingga kami tidak diizinkan masuk (sayang sekali ya). Kami hanya mengambil foto dibagian luar saja. Tapi semoga jika kalian berkesempatan pergi ke sana, kalian dapat masuk dan mengagumi arsitektur bangunannya, ya. 

Itu tadi beberapa alasan mengapa saya bilang Vietnam bisa menjadi pilihan kalian untuk berlibur setelah pandemi Covid-19 ini berakhir. Kalian pasti tidak akan menyesal pergi ke Vietnam. Karena negara tersebut memilikin nilai historical yang cukup tinggi. 

Yuk kita selalu berdoa agar pandemi Covid-19 ini akan cepat berakhir, dan kita semua selalu diberikan kesehatan.

Thank you for reading!


Love,
Girl With An Attitude



* berpartisipasi dalam RedDoorz Indonesia Blog Contest :Travel Wishlist.













1 comment:

deddyhuang.com said...

rasanya pengen banget ya buat segera liburan huhuhu...