Wednesday, October 24, 2012

Katalika


Masih membicarakan mengenai album baru The Upstairs yang berjudul Katalika (yang dimana diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti Tiba-tiba), menurut saya album ini sangat bagus dan berwarna. Dari 9 track yang ada, saya bingung harus memilih yang mana. Dikarenakan semua lagu satngat bagus, dari mulai musik, aransemen dan liriknya. The Upstairs benar-benar memberikan warna baru dalam album ini, namun tetap menawarkan keceriaan musik khas mereka. Jika saya dipaksa disuruh menyebutkan kira-kira lagu apa yang berada dalam 3 top list saya, maka saya akan memilih :

1. Selamat Datang Di Tubuh Kami

Pertama mendengarkan lagu ini, saya langsung bilang "Ini lagu keren!". Dari mulai intro keyboardnya yang memang enerjik, sampai liriknya yang unik. Yang dimana membahas mengenai zat-zat buruk yang suka dikonsumsi oleh tubuh manusia. Liriknya ditulis oleh Jimi, namun musiknya diaransemen oleh Krishna dan Kubil. Menurut info, awalnya lagu ini berencana diberi nama "Disco Krishna", dikarenakan lagu inilah yang benar-benar mengambarkan sosok 'ajaib' Krishna. Hahaha.

"Bacteriofac, Tartazin,, Cochineal, Allura Red AC, L-Cysteine
Oh, Nicotine. MSG, Tartarat Acid. Natrium Benzoa, Glisterol, Benzaldehida, Amil Asetat.
Sakarin, oh Siklamat. Aspartam, Borax, Formalin.
Selamat datang ditubuh kami. Hey, nikmati!"

2. Sekelebat Menghilang

Lagu yang merupakan single pertama dan sudah dibuat video klipnya ini, liriknya dibuat oleh Jimi dan musik oleh Beni dan Kubil. Saya senang mendengar bunyi drum dipembuka lagu. Dan musik yang sedikit rock n roll lengkap dengan selipan suara tepuk tangan sesekali. Lagu ini memang enerjik dan membuat kita bergoyang. Maka tidak heran jika ini merupakan salah satu lagu favorit saya.

"Maafkan barang sebentar
Atau lihat …
Hentikan toleh sejenak
Ceritamu kawan kau sentuh hilang
*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
Dia yang berjalan tenang
Matahari yang tepat di keningnya
Tak pernah aku melihat
Dia melewati jalan setapak


Tampaknya ku mulai tertawan
Sekelebat hilang


Bukan ku kawan yang nista
Nampaknya dia diutus oleh Tuhan
Ku kan datang lagi untuk melanjutkan
Ijinkan aku untuk mengejar
Derap kakinya walau sebentar


Tampaknya ku mulai tertawan
Sekelebat hilang"


3. Layak Dikenang

Lagu kedua didalam album tersebut ini, sedikit slow musiknya. Lirik dibuat oleh Jimi, sementara musik dibuat oleh Beni, Kubil dan Pandu. Setiap saya mendengar lagu ini, saya menjadi mellow. Entah kenapa. Mungkin karena liriknya yang sangat indah dan manis.

"Seantero ruang bersinar terang benderang, kerika dia perlahan memulai cerita.
Tentang buah fikirannya berkilau cemerlang. Kata demi katanya berdecak kagumku.
Ku tunggu selalu kesempatan ini. Saling mengumpan, umbar cerita.
Kan ku beri ku kan memberinya siang. Kan ku beri ku kan memberinya malam.
Yang berkesan, layak dikenang.
Ku ingin berada disingkat mentari pagi. Menjadi yang pertama menyapa selamat.
Lalu menyibakkan tira untuknya semata. Lalu menikmati sinar, hinggap di keningnya.
Kan ku dendangkan pemacu semangat.
Menyongsong gelegar, riuhnya masa."

Namun bukan berarti lagu-lagu yang lain tidak bagus loh. Hanya saja 3 lagu diatas lah yang membuat saya eargasm. Alias tidak henti saya ulang-ulang jika saya mendengar CD nya :)

 


No comments: