Monday, April 8, 2013

Duo

Belakangan saya sedang terfikir untuk menulis mengenai duo band yang beranggotakan satu lelaki dan satu perempuan. Ada beberapa band yang menurut saya cukup bagus untuk dijadikan duo. Meskipun saya tidak mengikuti album mereka sepenuhnya, namun setidaknya menurut saya musik mereka sangat enak untuk dinikmati.

She & Him




Duo yang mengusung nama She & Him ini, beranggotakan perempuan cantik dan berbakat, Zooey Deschanel (artis yang cukup bagus aktingnya) yang menjadi vokalis dan sesekali bermain gitar, piano atau ukulele, dan M. Ward yang bermain gitar sekaligus sang produser album mereka. Band yang terbentuk pada tahun 2008 ini sudah mempunyai 3 buah album (namun saya tidak mengikuti semua album mereka). Aliran musik mereka cenderung Indie pop, folks dan sedikit country. Dengan nada suara Zooey yang unik dan terdengar seperti orang yang agak sedikit malas-malasan bernyanyi, namun mereka cukup bagus menciptakan musik. Mereka mempunyai chemistry yang cukup baik dalam menampilkannya. Mereka pernah melakukan cover ulang lagu-lagu Natal seperti "Have Yourself A Merry Little Christmas" dan "Rockin' Around The Christmas Tree", yang menurut saya cukup beda dibawakannya. Dibawakan dengan musik khas mereka yang riang namun sangat 'folks'. Lagu favorit dari mereka adalah In The Sun. Saya suka musik, lirik dan juga video klipnya. Plus gaya Zooey yang sedikit vintage namun tetap cute.

Scarlett Johansson & Pete Yorn






Album Break Up merupakan album mereka yang mempunyai lagu andalan Relator dan Someday. Lagu mereka bisa dibilang pop, folk dan sedikit alternative. Disini Scarlett bertindak sebagai vokalis (meskipun awalnya saya ragu apakah suara dia bagus. Namun ternyata cukup bagus). Dan sang gitaris, piano sekaligus memainkan beberapa alat musik dipegang oleh Pete Yorn. Dulu saya pikir mereka berdua berpacaran, karena body language mereka sangat mesra dan tampak seperti pasangan. Suara Scralett yang sedikit sengau dan alto, cukup memberikan kesan classic dan sexy. Plus ditunjang gayanya yang memang sexy dan sedikit menggoda. Saya sempat melihat video live mereka membawakan lagu Someday, dan menurut saya vokal Scarlett cukup konstan. Meskipun dia tidak memegang alat musik, namun setidaknya dia mempunyai karakter yang terbentuk pada olah vokalnya. Pete Yorn juga mempunyai suara yang cukup bagus, sehingga duet mereka dilagu Relator, memberikan perpaduan suara yang sangat indah untuk dinikmati. Begitu juga video klip mereka yang sedikit classic dengan warna sephia.

Merriment 




Saya baru saja menemukan band ini sekitar beberapa bulan yang lalu. Awalnya karena saya suka dengan band Sucre. Ternyata duo Merriment tersebut merupakan adik-adik dari vokalisnya Sucre. Tidak heran mereka juga sangat berbakat. Merriment terbentuk sekitar 2 tahun lalu. Meskipun umur band ini masih sangat muda, namun pengalaman kedua kakak beradik ini jangan ditanya. Keduanya cukup sering ikut tour dengan kakak-kakak tertua mereka, yaitu Eisley dan Sucre. Dan mereka sering pula ikut membantu dalam bermain musik. Sehingga mereka sudah sangat terbiasa dengan suasana rekaman, panggung dan mengulik lagu. Suara Christie DuPree yang sangat merdu (persis seperti Stacy sang kakak) plus permainan gitar akustik dia, sangat seimbang dengan karakter sang kakak lelakinya, Collin. Album pertama mereka baru dirilis tahun 2012, dan menampilkan musik pop dan folks. Jika saya mendengar lagu Blessed Soul, saya merinding karena sangat indah. Video klipnya sedikit absurd, dengan tampilan sosok Christie yang cute namun gloomy. Saya sangat suka. Mereka juga mendaur ulang beberapa lagu Natal dengan gaya mereka sendiri, namun jujur saya belum sempat mendengarnya. Sepertinya duo ini memang tidak mengincar ketenaran ya, karena menurut saya mereka sangat simple untuk masuk ke dunia entertainment yang mewah bak kehidupan Hollywood. Kedua kakak beradik ini cukup dengan gaya sederhana mereka khas penduduk Texas, Amerika, dan membawakan musik yang sederhana pula namun berbobot.

Please see their videos and enjoy their songs! :)

No comments: